Wacana Madura Jadi Provinsi, Anggota DPRD Jatim: Saya Kurang Yakin

0

Sumenep, Teliksandi.net- Anggota DPRD Jawa Timur, Mathur Husyairi, mengomentari isu Madura menjadi Provinsi yang sejak beberapa tahun terakhir santer diperbincangkan.

Ia berpendapat, isu Madura menjadi Provinsi tidak murni timbul darikeingina masyarakat secara mayoritas. Iya meyakini, isu ini bersumber dari tokoh-tokoh besar di Madura.

“Saya kurang yakin pembentukan Provinsi Madura ini merupakan keinginan mayoritas rakyat Madura. Kalau hanya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, kenapa harus membentuk Provinsi,” kata Mathur saat berkunjung ke Sumenep dalam acara Silaturahim IKA PMII, Rabu (3/3/2021) kemarin.

Kata dia, problem ini akan bisa terjawab jika ada lembaga yang bisa terjun ke masyarakat di tiga kabupaten ini tanpa terkecuali.

“Saya lebih setuju jika ada pihak tertentu yang melakukan survei atau menanyakan langsung kepada masyarakat terkait pembentukan provinsi Madura ini,” ucapnya.

Jika memang keinginan masyarakat secara mayoritas, tentu dirinya akan tetap mendukung. Namun, perlu ada langkah-langkah yang harus dilalui.

“Isu pembentukan Provinsi Madura ini sudah lama dan ini terus dinamis,” tegasnya.

Selain itu, politikus PBB itu berharap, pemerintah lebih mengoptimalkan pengelolaan migas. Sebab, kata dia, Madura merupakan salah satu daerah yang kaya akan migas.

“Dari pada sibuk yang lain. Lebih baik lebih mengoptimalkan pendapatan migas, Madura ini kan kaya akan migas. Pendapatan migas harus terbuka dengan masyarakat,” pungkasnya.

Reporter: Taufiq Arief
Editor: Lindawati