Tak Pakai Masker, Puluhan Warga Sumenep Dapat Sanksi Ini

0

Sumenep, teliksandi.net-Puluhan warga Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur terkena razia lantaran tidak memakai masker saat hendak melintasi kota setempat.

Sanksi yang diberikan kepada masyarakat yang didominasi oleh anak muda tersebut yakni membaca surat-surat pendek sembari berdiri di pinggir jalan sebelah barat Taman Adipura Sumenep.

“Langkah ini sebagai upaya menekan penyebaran Covid-19 di Sumenep,” kata Kepala Satpol PP Sumenep, Purwo Edy, Selasa (15/12/2020).

Dalam operasi yustisi hari ini, terdapat sekitar 44 orang yang terkena razia, bermacam sanksi sosial dilakukan Satpol PP setempat, diantaranya push up, membaca surat-surat pendek, membaca doa serta membaca surat Yasin.

“Sanksi yang kami berikan kepada pelanggar yakni membaca surat Al-Ikhlas, Al-Fatiha, Yasin dan sanksi sosial lainnya,” sambungnya.

Lebih lanjut, pria yang karib disapa Purwo itu menambahkan, kesadaran masyarakat dalam menggunakan masker sudah cukup tinggi, terbukti pelanggaran tiap hari menurun. “Semoga Covid-19 segara berakhir,” pungkasnya.

Salah seorang anak muda yang terjaring operasi tersebut mengaku tidak keberatan atas sanksi yang telah dirinya terima. Sebab kata dia, hal itu merupakan langkah penegak hukum untuk memberantas virus Corona di Kabupaten setempat.

“Saya malu mas, tetapi saya menyadari hal ini semoga covid-19 segara berakhir,” kata Nila (nama samaran) usai mendapat dapat sanksi berupa baca doa.

Untuk diketahui, hingga detik ini penularan covid berdasarkan dari data dari Kominfo Sumenep di akun IG @kominfosumenep berjumlah 851 positif dan 757 sembuh.

Reporter : Taufiq
Editor : Naylia