Tak Berizin, Pasar Malam di Sumenep Ditutup Petugas

0

Sumenep, Teliksandi.net-Pasar malam di Desa Banaresep Timur Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur dipaksa tutup oleh Tim gabungan.

Tim gabungan tersebut terdiri dari Kepolisian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satpol PP, dan Polisi Militer Kabupaten setempat.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sumenep, Purwo Edy menjelaskan, ditutupnya pasar malam tersebut lantaran tidak ada izin resmi dari tim Satgas Covid-19.

Padahal, kata dia, Wakil Bupati Sumenep, Dewi Khalifah bersama tim satgas covid-19 telah mengimbau kepada masyarakat yang ingin membuka usaha agar menguris izin serta perlengkapan prokes.

”Karena tidak mengindahkan, terpaksa kami tutup sesuai dengan perintah Bupati Sumenep,” katanya

Ia mengatakan, sebelum pasar malam tersebut beroperasi, pihak satgas covid-19 Sumenep telah memberikan kelonggaran untuk mengurus izin dan penerapan prokes secara ketat. Namun, pihak penyelenggara tidak mengindahkan aturan itu.

“Sebelumnya, Pemerintah telah menghimbau dan memberi kelonggaran untuk mengurus izin, namun tidak diikuti aturan itu,” sambungnya.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep, Abd. Rahman Riadi mengatakan, pasar malam tersebut telah beroperasi sejak 13 April 2021.

”Dan penutupan pasar malam sesuai dengan Surat Edaran (SE) Kemendagri nomor 7 tahun 2021 tentang pembatasan skala mikro untuk tidak mengadakan kegiatan yang dapat mengundang massa,” jelasnya.

Penulis : Rifki
Editor : Lindawati