PPKM Level 2, Sumenep Buka Tempat Wisata Secara Terbatas

0

Sumenep Teliksandi.net- Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur kembali membuka tempat wisata secara terbatas dengan jumlah maksimal 25 persen setelah dalam perpanjangan PPKM ditetapkan masuk level 2, terhitung sejak hari ini, Selasa (31/08/2021).

Wakil Sekretaris Satgas Covid-19 Kabupaten Sumenep, Abd. Rahman Riadi menjelaskan, semua tempat wisata di Sumenep sudah kembali beroperasi dengan pembatasan.

“Itu berdasarkan SE Inmendagri nomor 38 Tahun 2021 tentang PPKM Jawa-Bali,” katanya.

Menurutnya, kabupaten sumenep masuk pada level 2 PPKM Jawa-Bali karena angka kematian dan yang terkonfirmasi Covid-19 telah mengalami penurunan.

Kendati begitu, setelah melalui berbagai pertimbangan panjang, pemerintah daerah memutuskan untuk kembali membuka sejumlah destinasi wisata.

“Jadi mulai hari ini, Selasa 31 Agustus 2021, tempat wisa di Sumenep kembali beroperasi secara terbatas,” jelasnya.

Untuk menghindari penyebaran Covid-19, instansinya mewajibkan pengelola agar memperketat protokol kesehatan dengan menggunakan aplikasi peduli.

”Aplikasi itu sebagai bukti bahwa pengunjung telah divaksin Covid-19. Jika tidak, maka pengunjung tidak diperbolehkan berkunjung ke tempat wisata di Sumenep,” katanya.

Aplikasi Peduli Melindungi ini, kata dia, merupakan bukti bahwa masyarakat telah divaksin Covid-19 dengan bukti barcode.

“Kalau sudah divaksin aplikasi itu bisa digunakan. Jika tidak, maka aplikasi itu tidak bisa difungsikan. Setelah itu tanda itu dibuktikan kepada petugas di lapangan,” jelasnya.

Selain wisata, kegiatan lainya juga bisa dilakukan dengan ketentuan yang berbeda. Seperti, kegiatan seni olahraga atau kegiatan sosial yang dapat mengundang kerumunan dengan kapasitas 50 persen.

Kemudian, transportasi umum yang meliputi angkutan masal, taksi dengan jumlah maksimal 100 persen.

“Tempat ibadah bisa menggelar peribadatan dengan jumlah maksimal 75 persen dari jumlah kapasitas. Semuanya harus disertai penerapan prokes yang ketat,” tegas dia.

Dikonfirmasi, Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disparbudpora Sumenep, Imam Buckhori menegaskan, dalam pembukaan wisata di kabupaten Sumenep pasca ditetapkan level 2 harus mengutamakan protokol kesehatan dan harus menyertakan kartu vaksin.

“Syarat utamanya adalah menaati protokol kesehatan Covid-19. Jadi untuk pengelola dan pengunjung, semuanya harus taat prokes, pakai masker dan lainnya,” tegasnya.

Reporter: Rifki
Edito : Lindawati