Pemkab Pamekasan Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan DBHCHT

0

Pamekasan, Teliksandi.net- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, terus berupaya untuk mengoptimalkan data, alokasi serta perencanaan penggunaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2021.

Dari itu, Pemkab Pemekasan terus mengevaluasi perencanaan dan pemanfaatan kegiatan DBHCHT 2021 ini.

Evaluasi yang dikemas dengan monitoring tersebut diikuti oleh sembilan OPD pelaksana kegiatan DBHCHT Pemkab Pamekasan bersama tim khusus.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Pamekasan, Sahrul Munir mengatakan, saat ini hanya ada satu perencanaan program DBHCT yang belum rampung.

Yakni terkait program Bantuan Langsung Tunai (BLT) khusus pandemi, untuk para buruh pabrik rokok dan buruh tani yang bersumber dari alokasi DBHCHT.

“Kendalanya hanya di data calon penerima belum tuntas,” ungkapnya, Sabtu (24/7/2021).

Menurutnya, yang menjadi penyebab lambatnya realisasi BLT tersebut adalah karena proses pendataan dan verifikasi calon penerima yang dilakukan dengan tepat dan hati-hati.

“Data calon penerima BLT DBHCHT ini belum tuntas, masih diverifikasi dan validasi oleh tim dari Dinas terkait dan Bagian Perekonomian Setdakab Pamekasan,” tuturnya.

Dalam aturannya, para penerima harus belum menerima manfaat bantuan Bansos apapun dari pemerintah, baik PKH atau Bansos khusus lainnya.

“Syarat utamanya adalah calon penerima tidak sedang menerima manfaat bantuan apa pun,” sambungnya.

Kendati begitu, Sahrul berharap kepada OPD pengelola untuk memaksimalkan pemanfaatan DBHCHT.

“Kami berharap kepada segenap OPD bisa bekerja maksimal agar terserap dengan baik DBHCHT tahun ini,” harapnya

Reporter: Taufiq
Editor: Lindawati