Pemkab Pamekasan Anggarkan Rp 14 Miliar untuk Pilkades Serentak 2021

0

Pamekasan, Teliksandi.net- Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur menganggarkan 14 Miliar untuk pemilihan kepala desa serentak 2021 yang akan digelar pada 20 September mendatang.

Anggaran tersebut akan dialokasikan kepada 74 desa dan kelurahan di Pamekasan yang akan menggelar pemilihan.

“Semua total dananya Rp 14 miliar lebih, dari 74 desa. Jadi membiayai semua terkait surat suara dan semua, termasuk protokol kesehatan Covid-19,” terang Plt Kepala DPMD Pemdes, Achmad Faisol, Selasa (11/5/2021).

Menurut Faisol, instansinya akan segera mensosialisaskan beberapa regulasi baru. Baik kepada panitia kabupaten, kecamatan dan pemerintah desa setempat.

Diantaranya yakni, tentang regulasi
jumlah hak pilih di tiap-tiap TPS yang dibatasi. Dan, penerapan protokol kesehatan Covid-19 yang mutlak harus dilakukan.

“Tempat Pemungutan Suara (TPS) terdiri dari 500 Daftar Pemilh Tetap (DPT) tidak boleh lebih, ini yang baru. Ini yang harus ada kesiapan semua pihak. 500 DPT dimasing masing TPS, ini yang harus kita selalu sosialisasikan,” katanya,

Dijelaskan, ketentuan tersebut telah diatur di dalam Peraturan Bupati (Perbup) terbaru. Ia memastikan, bahwa semua tahapan Pilkades yang dilakukan harus juga dilaksanakan secara serentak.

“Kalau tahun kemarin memang masih ada yang tidak diserentakkan. Regulasi terbaru kita diserentakkan dan dari persiapan sampai proses tahapan lainnya,” ungkapnya.

Untuk meminimalisir kekurangan keuangan, sambung Faisol, Pemkab juga menyiapkan dana bantuan. Pasalnya, kata dia, hal itu merupakan tanggung jawab pemerintah daerah setempat secara utuh.

“Setiap Pilkades mesti disiapkan Bantuan Keuangan, tidak ada pendaftaran dari calon, semuanya gratis. Jelas hitungannya ada di kami dan sudah di SK kan,” tandasnya.

Penulis: Taufiq
Editor: Lindawati