Masjid dan Musala di Sumenep Bakal Dapat Bantuan Prokes

0

Sumenep, Teliksandi.net-Kementerian Agama (Kemenag) meluncurkan program bantuan dana untuk masjid dan musala di seluruh Indonesia dengan total anggaran Rp 6,9 miliar.

Rinciannya, Rp 6,2 miliar akan diberikan kepada masjid dan Rp 700 juta akan diberikan untuk musala. Tiap masjid mendapat bantuan sebesar Rp 20 juta, sedangkan musala sebesar 10 juta.

Bantuan tersebut diperuntukkan ke takmir masjid atau musala untuk menerapkan protokol kesehatan dan mempercepat penanganan Covid-19.

Kasi Bimas Islam Kemenag Kabupaten Sumenep, Zainurrosi menyampaikan, sebelum mendaftarkan, masjid dan musala harus terdaftar di Sistem Informasi Masjid (SIMAS) Kementerian Agama.

Kemudian, membuat surat permohonan kepada kementerian agama, diunggah pemohon ke laman https://simas.kemenag.go.id/page/permohonanbantuan.

“Seluruh sistem dan mekanisme pengajuannya akan dilakukan secara online, sebagai upaya transformasi digital terkait pengelolaan bantuan di Bimas Islam,” paparnya

Selain itu, sambung Zainur begitu ia disapa, fotokopi buku rekening atas nama masjid atau musala yang masih aktif, surat pernyataan kebenaran dokumen yang bermaterai dan ditandatangani oleh ketua pengurus.

“Memiliki rekening bank atas nama masjid/musala, dan terdampak/berada pada daerah yang terpapar COVID-19,” ujarnya.

Namun, dirinya tidak mengetahui jumlah masjid dan musala di Sumenep yang telah mendaftar untuk memperoleh bantuan dari Kemenag Pusat.

“Kami belum tahu itu karena datanya tidak ada di saya. Ini semuanya langsung ke pusat daftarnya,” tandasnya.

Reporter: Rifki
Editor: Lindawati