Kepala Desa Ini Puji Kreativitas Pemkab Pamekasan dalam Memanfaatkan Dana DBHCHT

0

Pamekasan, Teliksandi.net- Kepala Desa Kelompang barat Kecamatan Pakong, Samsul Arifin Berang menilai, pengelolaan dan pemanfaatan dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) Pemkab Pamekasan benar-benar tepat sasaran

“Semenjak saya menjabat, sudah banyak maanfaat dari DBHCHT Pemkab Pamekasan yang dirasakan masyarakat seperti irigasi dan lain-lain,” jelasnya usai penggelaran sosialisasi peraturan perundang-undangan yang diselenggarakan Pemkab setempat, Rabu (17/9/2021).

Hal itu, kata dia, dibuktikan dengan masifnya sosialisasi ketentuan cukai yang dilakukan pemerintah daerah. Menurutnya, dengan adanya kegiatan sosialisasi itu, masyarakat bisa lebih sadar tentang pentingnya cukai dalam industri rokok.

“Ini sangat positif karena banyak memang sebelumnya masyarakat kita yang kurang paham tentang pentingnya cukai ini, setelah adanya sosialisasi ini masyarakat sudah banyak mulai sadar dan paham,” sambungnya menjelaskan.

Ia berharap, dengan adanya sosialisasi tersebut, bisa mendorong masyarakat khususnya yang memiliki usaha industri rokok agar segera mengurus izin.

Pasalnya, sambung dia, pungutan pajak dari cukai tersebut akan kembali kepada masyarakat dan akan dikembalikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Pemaparan tadi kita sudah tahu bahwa dari hasil pajak ini sangat membantu pembangunan desa secara langsung,” tandasnya.

Reporter: Taufiq
Editor: Lindawati