Disnakertrans Pamekasan Awali Pelatihan Linting Rokok di 3 Pabrik, Latih 60 Peserta

0

Pamekasan, Teliksandi.net- Pemerintah Kabupaten Pamekasan melalui Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Tenaga Kerja dan Transmigrasi (DPMPTSP- Nakertrans) menggelar pelatihan linting rokok tahap pertama, Senin (13/9/2021).

Kegiatan yang berlangsung di tiga perusahaan rokok ini merupakan salahsatu program pemerintahan daerah yang sudah diagendakan sejak awal tahun 202. Ini merupakan realisasi dari dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) yang diterima Pemkab setempat di tahun ini.

“Hari ini adalah pembukaan pelatihan pembuatan rokok linting yang bersumber dari dbhcht tahap pertama,” terang Plt Kepala DPMPTSP- Nakertrans Pamekasan, Supriyanto.

Menurut Supriyanto, untuk pelatihan tahap pertama ini, instansinya memulai dengan 3 paket pelatihan. Setiap paket digelar di satu perusahaan rokok lokal, dengan masing-masing paket berjumlah 20 peserta pelatihan. Jadi, untuk tahap pertama ini pemerintah melatih sebanyak 60 orang.

“Ada 3 paket, yang pertama di Desa Jarin, perusahaan rokok Ayunda. Kemudian yang kedua di perusahaan rokok SKM jaya, Desa Blumbungan dan yang ketiga di perusahaan rokok SS jaya raya di Desa Larangan Dalam,” sambungnya menjelaskan.

Dia menegaskan, selain pelatihan instansinya juga lakukan penandatanganan nota kesepakatan dengan masing-masing perusahaan rokok. Tujuannya, agar setelah mengikuti pelatihan para peserta bisa diserap menjadi tenaga kerja.

“Kemudian saya juga menandatangani MOU dengan pemilik perusahaan rokok agar semua peserta yang sudah mengikuti pelatihan nanti langsung diserap menjadi tenaga kerja di perusahaannya,” tandasnya.

Reporter: Taufiq
Editor: Lindawati