Berikut ulasan tentang cara daftar Bluesky, salah satu media sosial baru yang dikembangkan dan diciptakan oleh pendiri dan mantan CEO Twitter Jack Dorsey.

Diketahui, sebelumnya Twitter telah diakuisisi oleh Elon Musk senilai US$44 miliar atau setara dengan Rp 683 triliun.

Kurang lebih hampir satu minggu setelah Twitter dibeli oleh Elon Musk, kemudian Jack Dorsey membuat platform media sosial baru yang diberi nama ‘Bluesky’.

Jack Dorsey menyatakan, bahwa Bluesky akan bersaing dengan media sosial dari perusahaan lain. Ia akan membangun ekosistem yang lebih sehat dan mengembangkan Bluesky menjadi media sosial baru di masa depan.

Sebelum membahas cara daftar media sosial Buesky, ada baiknya Anda harus tau dulu apa itu Bluesky?

Apa Itu Media Sosial Bluesky?

Bluesky merupakan proyek media sosial yang dibangun menggunakan perangkat lunak opensource. Platform ini dirancang untuk menggabungkan media sosial lain dengan sistem blockchain.

Nantinya, para pemilik akun seperti Facebook, Instagram, atau Twitter bisa berinteraksi dengan semua pengguna lain melalui platform Bluesky.

Dikutip dari Yahoo Finance, Bluesky akan menjadi jaringan media sosial yang terpisah dengan sistem kurasi dan moderasi sendiri tapi tetap dapat berinteraksi satu sama lain. Platform baru ini bahkan disebut sebagai solusi atas “kegagalan” Twitter.

Untuk diketahui, Jack Dorsey pertama kali memperkenalkan platform Bluesky pada Desember 2019 sebagai inisiatif nirlaba.

Cara Daftar Bluesky

Pada bulan Mei 2022, Bluesky telah merilis protokol mereka ke publik untuk melakukan pengujian di GitHub, serta meminta sukarelawan untuk mendaftar ke versi Beta. Sejauh ini, kurang lebih 30.000 orang telah mendaftar  dan memberikan saran dan kritik untuk pengembangan Bluesky.

Bagi kamu yang ingin ikut menguji coba platform BlueSky, bisa melakukan pendaftaran dengan hanya menggunakan email. Berikut cara daftar Bluesky:

  1. Buka browser dan buka situs bsky.app
  2. Masukkan email aktif pada kolom ‘Enter your email’
  3. Kemudian klik tombol Join Waitlist
  4. Selesai
  5. Tunggu undangan uji coba

Kamu hanya perlu memasukkan email dan tidak ada informasi lain yang diminta. Meskipun Bluesky telah dikembangkan sejak akhir 2019, masih belum ada tanggal yang ditetapkan untuk diluncurkan ke publik.

Penutup

Itulah penjelasan singkat tentang cara daftar aplikasi Bluesky terbaru. Keberadaan Bluesky ini melengkapi pilihan media sosial yang bisa digunakan oleh netizen dan warganet. Ke depan, pengguna dapat melakukan interaksi di internet melalui Bluesky. (**)

Share: