Begini Strategi Pemkab Atasi Kekeringan di Pamekasan

0

Pamekasan, Teliksandi.net-Dalam upaya mengantisipasi kekeringan, Pemerintah Kabupaten Pamekasan Jawa Timur melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPDB setempat telah melakukan upaya mitigasi.

Kalaksa BPBD Kabupaten Pamekasan, Amin Jabir menjelaskan, selain mitigasi, instansinya saat ini tengah merancang 3 strategi.

Strategi pertama yakni memanfaatkan air permukaan dengan cara water treatment plan.

“Caranya seperti membuat waduk atau air sungai,” ungkapnya, Sabtu (24/7/2021).

Strategi yang kedua yakni dengan pola lebih kuat lagi melalui pola eksplorasi air dalam di Pamekasan. Menurutnya, hal itu harus dilaksanakan pihak dinas terkait dan PDAM, yakni dengan cara melakukan pengeboran pada lokasi tanah strategis

“Kemudian, dinas PUPR dan PDAM agar segera melakukan pengeboran di wilayah potensial,” jelasnya.

Sedangkan pola yang terakhir, pemkab setempat melalui dinas terkait bisa dengan cara memanfaatkan banyak sumber mata air di sekitar lokasi kekeringan.

Lalu, sambung dia, setelah dialirkan sedemikian dengan program pipanisasi ke daerah rawan kekeringan yang ada.

“Kalau ini bisa dilakukan oleh setiap instansi teknis maka semua bisa mengurangi dampak kekeringan tahun ini,” tukasnya.

ia berharap, semua pola strategis itu telah disampaikan konsep mitigasinya secara teknis pada instansi terkait.

Bahkan, secara tegas oleh setiap elemen yang terlibat, sudah disepakati dalam forum satgas kebencanaan yang langsung disaksikan Sekdakab Totok Hartono kala itu.

“Dengan demikian dipastikan gerakan besar itu bisa dilakukan pada anggaran tahun ini, sebab sudah matang dan disanggupi oleh sekdakab, Bappeda dan Badan Keuangan Daerah,” tuturnya.

Reporter: Taufiq
Editor: Lindawati