Angka Kemiskinan Sampang Tertinggi di Jatim, Ini Penyebabnya

0

Sampang, Teliksandi.net-Kabupaten Sampang, Madura saat ini menempati posisi tertinggi Angka kemiskinan di Jawa Timur, yakni 22,78 persen.

Salahsatu faktor pemicunya yakni angka penggangguran yang sangat tinggi.

Seperti diketahui, angka pengangguran di Kota Bahari kian tahun kian mengalami peningkatan.

Pada tahun ini, Jumlah pengangguran di Sampang tercatat, sebanyak 13.000 jiwa. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dari tahun 2020, yang hanya terdapat 11 ribu jiwa.

Plt Kepala Bidang Penempatan dan Pengembangan Tenaga Kerja Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan (DPMPTSP dan Naker) Sampang, Agus Sumarso mengakui bahwa, sampai saat ini angka pengangguran di Sampang terus meningkat.

Menurut dia, Pandemi Covid-19 dan daya beli masyarakat yang berkurang menjadi faktor utama penyebab meningkatnya angka pengangguran.

“Akibat pandemi Covid-19, banyak yang kerja di luar Madura yang di PHK, menyebabkan angka pengangguran terus meningkat. Kemudian, daya beli masyarakat saat ini sangat rendah, karena disesuaikan dengan penghasilan juga,” terangnya, Senin (19/4/2021) kemarin.

Faktor lain adalah, karena minimnya pelatihan tenaga kerja, di Sampang tahun ini yang dilatih hanya ratusan orang. Sementara tenaga kerjanya mencapai 12.000 lebih.

“Jadi yang pernah ikut pelatihan kerja dan punya kemampuan, harus bisa memaksimalkan kemampuan serta mengembangkan skill, seperti buka usaha sendiri,” paparnya.

Sebagai upaya mengentaskan kemiskinan, lanjut Agus, Instansinya saat ini membuka peluang lapangan pekerjaan untuk masyarakat.

Namun, tidak sedikit yang menolak mengambil peluang tersebut. Alasannya dikarenakan lokasi pekerjaan yang berada di luar Madura.

“Harapannya, masyarakat semakin meningkatkan keterampilan untuk meningkatkan hasil potensi daerah sendiri. Harus memanfaatkan usaha mandiri di daerah masin-masing,” pungkasnya.

Reporter: Tohirin
Editor: Lindawati