Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa, P2M IDIA Prenduan Gelar Penyuluhan Konseling

0

Sumenep, teliksandi.net- P2M kelompok 3 Pragaan II IDIA prenduan kembali memberikan sosialisasi kepada masyarakat khususnya para siswa mengenai pentingnya pendidikan dengan penerapan teknik pembelajaran dan layanan konseling.

Acara yang dikemas dengan penyuluhan tersebut diisi oleh pembicara yang pakar dalam bidang konseling. Juwairiyah Mawardi, pengajar dan penulis asal desa setempat ditunjuk sebagai pemateri.

Tema yang diangkat pada kesempatan ini yakni, “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Teknik Pembelajaran dan Konseling” digelar di Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Ar-Ruhama’ Desa Karduluk, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, pada Minggu (29/11).

“Kami mendapat informasi dari salah satu aparat desa, bahwa di Desa Karduluk ada banyak sekolah tetapi motivasi dan minat belajar siswa kurang,” ujar ketua Pelaksana, Khoiriyah kepada media teliksandi.net.

Menurut Khoiriyah, pembelajaran melalui teknik konseling sangatlah penting diterapkan kepada siswa guna meningkatkan motivasi belajar. Sebab, kata dia, melalui konselor, permasalahan yang dialami siswa akan dapat diatasi.

“Alternatif untuk menemukan faktor apa yang menyebabkan mereka itu tidak memiliki motivasi belajar yang kuat,” sambungnya menjelaskan.

Kendati demikian, Wanitia yang karib disapa Ieir itu berharap, adanya penyuluhan tersebut dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, dengan begitu, minat belajar siswa akan lebih maksimal. Dan, para orang tua dapat menyadari betapa pentingnya motivasi belajar bagi siswa.

“Baik itu motivasi intrinsik (dari dalam)atau ekstrinsik (dari luar). Dan juga, kami berharap orang tua dapat menyadari betapa pentingnya motivasi belajar bagi siswa, sehingga juga memberi dorongan pada anak-anaknya untuk belajar lebih giat,” paparnya.

Sementara ketua Yayasan Ar-Ruhama, Helliyah bersyukur dengan adanya kegiatan tersebut. Pasalnya, kata dia, dengan penyuluhan ini, siswa akan lebih maksimal lagi dalam belajar.

“Bagus sekali, karena dengan adanya peyuluhan tersebut bnyak sekli ilmu yg bisa didatkan pada guru dan pada orangtua,” ujarnya.

“Guru tidak haya sekedar mengajar tetapi mendidik terutama ahklak dan prilaku murid, bisa membrikan semangat dalam belajar,” imbuhnya.

Reporter: Taufiq
Editor: Lindawati