Tidak Pakai Masker, Siap-Siap Disanksi

0

Sumenep, Teliksandi.net – Petugas gabungan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Polri dan TNI Kabupaten Sumenep menggelar operasi yustisi penegak disiplin protokol kesehatan di Area Taman Bunga setempat, Selasa (15/9/2020).

“Mulai kemarin sesuai rapat Satgas Covid 19, kita melaksanakan operasi sebagai pelaksanaan dari Perbub Nomor 5 Tahun 2020,” ucap Sekretaris Satpol PP Sumenep, Fajarussalam, Selasa (15/9/2020).

Ia menjelaskan, bagi masyarakat yang tidak memakai masker, akan disanksi dengan penyitaan kartu identitas diri dan disuruh membuat surat pernyataan tidak akan mengulangi lagi.

Pelanggar protokol kesehatan itu juga langsung disidang di tempat dengan membayar uang sidang Rp2 ribu. Sebagian sanksi juga beripa disuruh menyapu.

“Nanti sambil menunggu kesepakatan atau ketetapan tentang pengenaan denda. Kalau di Jawa Timur, Bu khafifah sudah menetapkan Rp250 ribu, tapi untuk di Sumenep masih digodok dengan tim untuk besarannya,” katanya.

Menurut dia, penetapan uang denda itu masih akan dibicarakan di tim Satgas Covid-19 termasuk besarannya. Sementara untuk hari ini membayar uang sidang.

“Dalam hal ini sudah dari kemarin dibicarakan tim serta pihak kehakiman dan lain sebagainya uang itu masuk ke kas Negara, ada nanti kode rekeningnya,” jelasnya.

Selain itu ia juga menambahkan, pelaksanaan operasi tersebut akan dilakukan di berbagai tempat yang ada di Kabupaten Sumenep baik di tingkat Kecamatan maupun di Desa.

“Sehingga masyarakat akan diharapkan sadar akan situasi saat ini, karena Covid-19 di mana-mana sudah mulai meningkat, termasuk di klaster pasar, pertokoan di tempat kafe dan tempa keramaian,” tandasnya.

Reporter : Hanif Tanzil
Editor : Rahmat