RSUD dr. H. Moh Anwar Sumenep Raih Penghargaan K3 2020

0

Sumenep, teliksandi.net-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar Sumenep, Madura, Jawa Timur kembali meraih penghargaan K3 di tingkat nasional.

Penghargaan tersebut diraih untuk kategori zero accident (kecelakaan nihil) dan program penanggulangan HIV-AIDS (P2HIV-ADIS).

Penghargaan diberikan secara simbolis oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Ida Fauziyah pada Sabtu tanggal 10 Oktober 2020 melalui siaran daring dari gedung serbaguna Kemnaker RI.

Hal itu menjadi penghargaan yang berhasil diraih rumah sakit yang beralamatkan di Jalan DR. Cipto No.35 Kota Sumenep tersebut secara rutin setiap tahunnya.

RSUD dr. H. Moh. Anwar menerima penghargaan zero accident bersama 225 perusahaan dan menerima penghargaan P2HIV bersama 35 perusahaan lainnya di Jawa Timur.

Penghargaan tersebut diraih karena pada tahun 2019 RSUD dianggap sukses melaksanakan kegiatan perusahaan tanpa kecelakaan kerja dan juga dianggap cukup berhasil menjalankan program P2HIV-AIDS selama tahun 2019.

Dimana di antara penyuluhan yang telah dilakukan oleh K3RS adalah penyuluhan terhadap lembaga pesantren dan juga kampus di Guluk-Guluk Sumenep.

Direktur RSUD Moh. Anwar Sumenep dr. Erliati mengatakan, penghargaan tersebut sebagai gambaran betapa pentingnya aspek keselamatan dan kesehatan kerja di rumah sakit, termasuk soal program penanggulangan HIV-AIDs di tempat kerja.

“Ini merupakan penghargaan yang telah secara rutin diterima oleh K3RS,” ujar dr Erliati melalui Ketua Komite K3, Hermanto.

Kendati demikian, dirinya berharap K3RS ke depan dapat dilaksanakan lebih baik lagi. “Tentunya ini membutuhkan support dan kesadaran bersama dari segenap civitas rumah sakit untuk sama-sama menjaga dan menerapkan norma-norma K3 di rumah sakit,” harapnya.

Untuk diketahui, K3RS merupakan Keselamatan Kesehatan Kerja Rumah Sakit yakni program dari kementerian kesehatan (Kemenkes) RI yang tertuang dalam peraturan No.1087/MENKES/SK/VIII/2010.

Melalui Kemenkes ini, telah ditetapkan standar penerapan K3 untuk Rumah Sakit (RS) atau disingkat K3RS yakni sebagai upaya melindungi kemungkinan dampak negatif yang ditimbulkan oleh proses pelayanan kesehatan, maupun keberadaan sarana, prasarana, obat-obatan dan logistik lainnya yang ada di lingkungan rumah sakit.

Reporter : Taufiq
Editor : Naylia