Sosialisasi Empat Pilar Bein Triani Benjamin Mengenai Pengembangan Daerah

oleh -64 views

Judul Sosialisasi Empat Pilar Bein Triani Benjamen Mengenai Pengembangan Daerah.

Cantaralnasional.com Sumenep.
Wakil Ketua MPR H.Beim Triani Benjamen memberi pengantar Sosialisasi Empat Pilar MPR kepada warga masyarakat Raya Manding No.33, Karajan, Pamolokan, Kota sumenep, Kabupaten, Jawa Timur, Sabtu (9/03/2019). Dalam sosialisasi ini H.Beim Triani Benjamen sempat menyinggung soal Idiologi yang terjadi di daerah.

H.Beim Triani Benjamen menjelaskan salah satu alasan MPR mensosialisasikan Empat Pilar (Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika) karena bangsa Indonesia mengalami sejumlah tantangan. Salah satu tantangan itu adalah masih adanya kemiskinan terhadap daerah dan timbulnya idiologi kedaerahan.

“Kenapa Empat Pilar MPR harus disosialisasikan kepada masyaratkan? Karena kita masih menghadapi tantangan kebangsaan. Salah satu tantangan adalah pengembangan terhadap daerah dan idiologi kedaerahan,” ujar Benjamen.

Dia mengungkapkan tantangan itu terjadi dibeberapa daerah. Sebab, pembangunan memang belum dilaksanakan secara merata. “Ini seperti terjadi di perkotaan maupun di desa. Indonesia sudah merdeka sejak lama tapi pembangunan di daerah masih tertinggal. Masih ada kasus pemanfaatan lahan, dan sebagainya,” kata Banjamen memberi contoh.

Dalam konteks kebangsaan (Empat Pilar) Banjamen berharap dengan otonomi khusus maka terjadi keadilan sosial di berbagai daerah. “Agar rakyat daerah terpencil juga merasakan kesejahteraan yang sama dengan masyarakat daerah lain di Indonesia dalam ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan lainnya,” ucapnya.

Jiwa nasionalisme itu bisa lahir jika ada tidak ada keadilan sosial. Ketika ada ketidak adilan maka muncul kecemburuan. “Perlu pembangunan yang merata di seluruh Indonesia,” tegasnya.

Reporter : Suryatik
Editor : Moh. Saleh