Si Jambul Resmi Jadi Maskot Pilbup Sumenep 2020

oleh -106 views
KPU Sumenep saat merilis Maskot dan Jingle pada Pilbup Sumenep 2020 (Syaiful/Teliksandi)

Sumenep, teliksandi.net – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep merilis maskot Pemilihan Bupati (Pilbup) Sumenep 2020, pada Jumat (17/01/2020) pagi, di Kantor Pelayanan Informasi dan Dokumentasi KPU setempat.

Ketua KPU Sumenep A. Warits menjelaskan, hal itu sebagai upaya mensosialisasikan Pilbup Sumenep 2020, yang akan digelar pada 23 September 2020 mendatang.

Ia mengungkapkan, maskot Pilbup Sumenep 2020 kali ini mengusung salah satu fauna identitas Sumenep, yakni Kakak Tua Jambul Kuning.

“Kita maskotnya burung Kakak Tua Jambul Kuning yang hanya ada di 4 pulau se Indonesia, dan fauna ini resmi milik Kabupaten Sumenep yang berlokasi di Pulau Masalembu,” tuturnya.

Maskot tersebut oleh KPU Sumenep diberi nama ‘Si Jambul’ yang artinya, Siap Jurdil, Aman, Memilih Bupati Langsung. Maskot ini juga nantinya yang akan menjadi bagian tahapan hingga selesai Pilbup Sumenep 2020.

“Maskot gambar kakak tua itu meliputi, lima jambul warna kuning dengan sayap kanan memegang paku coblos dan sayap kiri memegang perisai KPU Sumenep. Dengan paduan warna hitam putih dan menginjak peta Kabupaten Sumenep baik daratan maupun kepulauan,” beber Warits.

Selain maskot, KPU Sumenep juga menyiapkan ‘jingle’ atau lagu yang akan mengiringi maskot dalam mensosialisasikan Pilbup Sumenep 2020.

“Jingle itu ada dua versi lagu, pertama lagu dengan bahasa Indonesia. Yang kedua dengan bahasa daerah (Madura). Sedangkan musiknya kita menggunakan aliran dangdut millenial,” ucap ketua tim pembuat maskot dan jingle Pilbup Sumenep 2020, Ibnu Hajar.

Reporter : Syaiful
Editor : Naylia