Resmi, UPT Damkar Pindah ke Satpol PP

oleh -94 views
Mobil Damkar saat hendak memadamkan api (doc Teliksandi)

Sumenep, teliksandi.net – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melakukan perubahan penataan pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Kali ini menyasar pada bidang penanggulangan bencana kebakaran.

Mulai tahun ini, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran (Damkar) resmi berada di bawah naungan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sumenep.

Sebelumnya, UPT Damkar dinaungi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep. Kini berpindah tugas di bawah kendali Satpol PP Sumenep.

Kepala BPBD Sumenep, Abd Rahman Riadi mengatakan, kebijakan perubahan itu telah tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbup) 48/2018 dan UU 23/2014 tentang pemerintahan daerah.

“Maka, mengamanatkan UPT Damkar itu melekat di Satpol PP. Itu juga terjadi di semua daerah se-Jawa Timur,” katanya pada media ini, Senin (13/01/2020).

Untuk itu, Rahman meminta agar Satpol PP segera mengambil tindakan upaya penyesuaian, seiring dengan perpindahan tugas UPT Damkar.

“Atas perubahan itu, jadi segera sosialisasi kepada warga, agar warga tahu jika UPT Damkar sudah pindah ke Satpol PP. Disamping itu sekaligus melakukan pemetaan dan imbauan dalam rangka mengantisipasi terjadinya kebakaran,” harapnya.

Reporter : Syaiful
Editor : Badrur