Rekrutmen PPK, Bawaslu Bakal Awasi Ketat

oleh -139 views
Komisioner Bawaslu Sumenep kordiv Pengawasan & Hubungan Lembaga, Abd Rahem (Syaiful/Teliksandi)

Sumenep, teliksandi.net – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumenep pastikan perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat akan diawasi secara ketat.

Dengan begitu diharapkan dapat menghasilkan badan penyelenggara ad hoc yang berintegritas dan berkualitas dalam melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumenep 2020.

Kordiv Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga (Hubal) Bawaslu Sumenep, Abdur Rahem mengatakan, tahapan perekrutan PPK itu tidak luput dari pengawasan lembaganya.

“Dalam tahapan Pilkada 2020 ini, Bawaslu akan mengawasi seluruh tahapan secara melekat, termasuk perekrutan PPK, PPS dan KPPS,” katanya, Senin (13/01/2020).

Pada tahapan rekrutmen ini, nantinya Bawaslu Kabupaten juga akan melibatkan Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) dalam melakukan verifikasi para pendaftar PPK.

“Karena ini sifatnya menyeluruh se Kabupaten Sumenep. Maka, kita (Bawaslu) minta bantuan ke Panwascam yang sudah dilantik dan juga sudah ber-SK untuk ikut membantu,” ujar Komisioner Bawaslu itu.

Ia berharap, PPK yang terpilih nantinya benar-benar memiliki integritas dan netralitas serta tidak terlibat dalam Partai Politik (Parpol). Sehingga berdampak positif terhadap proses dan hasil Pilkada Sumenep 2020.

“Kami juga akan membuka ruang publik untuk turut dalam melakukan pengawasan dalam penyeleksian PPK, PPS dan KPPS agar prosesnya transparan dan KPU mendapatkan badan penyelenggara ad hoc yang berkualitas dan berintegritas,” tukasnya.

Untuk diketahui, rekrutmen PPK akan mulai dibuka pada 15 Januari 2020, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan berkas mulai 18 Januari 2020.

Saat ini sudah pembentukan tim penerimaan berkas Bakal Calon (Balon) tenaga ad hoc PPK. Setelah rekrutmen PPK selesai, KPU Sumenep akan menjadwal rekrutmen PPS dan KPPS.

Reporter : Syaiful
Editor : Naylia