Polisi Warning Pelaku Usaha dan Toko Penjual Knalpot Brong

oleh -84 views
Kasatreskrim Polres Sumenep AKP Oscar S Setjo (Syaiful/Teliksandi)

Sumenep, teliksandi.net – Maraknya penggunaan knalpot racing atau brong membuat masyarakat Sumenep geram. Pasalnya, hal tersebut mengganggu ketertiban umum.

Menanggapi hal tersebut, Kasatreskrim Polres Sumenep AKP Oscar S Setjo mengimbau, pemilik toko onderdil sepeda motor untuk selektif saat menjual knalpot racing atau brong.

Ia meminta knalpot yang bersuara cukup bising tersebut tidak dijual kepada sembrang pembeli.

“Jadi tolong jangan jual bebas, kecuali kepada pengendara pemegang Kartu Izin Start (KIS) balap. Dalam hal ini pengendara yang merupakan pembalap di sirkuit atau akan mengikuti kejuaraan,” ujar AKP Oscar dalam pesan imbauannya, Selasa (11/2/2020).

Selain itu, AKP Oscar juga meminta pelaku usaha dan toko-toko onderdil tidak menjual knalpot racing atau brong kepada anak di bawah umur. Selain membahayakan, itu juga mengganggu pengguna jalan yang lain.

“Apalagi dijual bagi pengendara yang masih di bawah umur yang tujuannya untuk sekadar mencari sensasi dan aksi di jalan raya,” terangnya.

Demi keamanan dan kenyamanan masyarakat Sumenep, pihaknya tidak akan segan melakukan razia dan penindakan pada pelaku usaha yang menjual onderdil tidak mematuhi aturan.

“Kami akan memberikan tindakan tegas kepada pelaku usaha yang melanggar. Hal itu sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam KUHP, yakni Pasal 204, 205 dan 503,” tegasnya.

Reporter : Syaiful
Editor : Naylia