Polisi Sumenep Bakal Diterjunkan H-1 Tanpa Dibekali Senpi

oleh -44 views
Ilustrasi

Sumenep, teliksandi.net – Sedikitnya 2.900 personel Polres Sumenep, Jawa Timur bakal dikerahkan H-1 atau sehari sebelum pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tanggal 7 dan 14 November 2019.

Ribuan personel gabungan dari Polres Sumenep dan BKO jajaran Polres se-Jatim tersebut bakal ditempatkan di desa yang menyelenggarakan Pilkades serentak tahun ini.

“Iya, untuk wilayah daratan, pergeseran personel dilakukan pada tanggal 6 November 2019,” kata AKP Widiarti, Kasubag Humas Polres Sumenep, Senin (04/11/2019).

Mengenai pemetaan personel, lanjut Widiarti, setiap desa tidak dibatasi, atau disesuaikan dengan permintaan dari Polsek dengan mengacu terhadap tingkat kerawanan di masing-masing desa.

“Minimalnya 10 personel di setiap desa, tapi itu bisa bertambah hingga 20 personel lebih. Tergantung permintaannya juga,” ungkapnya.

Disinggung mengenai bekal yang akan digunakan personel tersebut. Pihaknya mengklaim, jika personel tidak dibekali Senjata Api (Senpi) saat pengamanan kontestasi politik tingkat desa itu.

“Semua personel tidak dibekali Senpi pada saat pengamanan Pilkades nanti,” ucapnya.

Mantan Kapolsek Kota Sumenep itu menegaskan, saat bertugas Polisi hanya dibekali borgol, tongkat, senter sebagai penerangan, dan juga jas hujan sebagai antisipasi saat Pilkades terjadi turun hujan.

“Itu saja yang disiapkan, kalau Senpi tidak ada,” bebernya.

Sekedar diketahui, Pilkades serentak tahun ini bakal diikuti sebanyak 226 desa. Sesuai keputusan Bupati, pesta demokrasi tingkat desa bakal dilaksanakan pada 7 November 2019 untuk wilayah daratan dan 14 November 2019 untuk wilayah kepulauan.

Reporter : Syaiful
Editor : Badrur