Pemuda Kepulauan Demo Dispendukcapil Sumenep

oleh -314 views
Sejumlah Pemuda Kepulauan saat Melakukan Aksi Demo di Halaman Kantor Dispendukcapil Sumenep

Sumenep, teliksandi.net – Sejumlah pemuda asal Kepulauan Sumenep melakukan aksi demo di depan halaman Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) setempat, Jumat (11/10/2019).

Mereka meminta perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam hal ini pelayanan pendaftaran administrasi kependudukan di kepulauan yang hari ini tidak berbanding lurus dengan kenyataan di daratan (kota Sumenep).

Menurut massa aksi, selama bertahun-tahun di kepulauan termarginalkan. Sehingga masyarakat sangat sulit membuat Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), Kartu Keluarga (KK), dan Akte Kelahiran.

“Segera rencanakan dan anggarkan pengadaan Sarana Prasaran (Sarpras) penerbitan/percetakan KTP-El, KK dan Akte di tahun 2020 ini di beberapa titik di kepulauan, karena itu adalah solusi terbaik bagi masyarakat kepulauan,” kata koordinator aksi, Akhmad Safi.

Lebih lanjut, Safi menuding kebijakan pelayanan Dispendukcapil Sumenep yang mulai tidak berpihak kepada masyarakat kepulauan. Sehingga, bentuk kerjasama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dalam hal ini POS menjadi tidka jelas.

“Dari kerjasama itu. Hasilnya, tidak berdampak secara signifikan dan tidak dirasakan langsung oleh masyrakat kepulauan,” jelasnya.

Sementara, Pelaksana Tugas (Plt) Dispendukcapil Sumenep, A. Basid saat menemui massa aksi menyampaikan, aspirasi yang di sampaikan Pemuda Kepulauan tersebut akan ditindaklanjuti. Meski diakuinya, semua harus didasari dengan perencanaan.

“Semua harus di rencanakan. Kemudian, kita menjadikan dasar pelaksanaannya,” ucap Basid.

Reporter : Syaiful
Editor : Badrur