Pemkab Sumenep Pastikan Pilkades Juruan Laok Tetap Sesuai Tahapan

oleh -132 views
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, Moh. Ramli

Sumenep, teliksandi.net – Meski diwarnai protes aksi demonstrasi warga Desa Juruan Laok, Kecamatan Batuputih pada Selasa (8/10/2019) kemarin. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) meyakini hal tersebut tidak akan mengganggu jalannya tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

Kepala DPMD Sumenep Moh. Ramli mengatakan, tahapan Pilkades Juruan Laok, Kecamatan Batuputih akan terus berjalan sesuai yang tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbup) 54/2019.

“Tahapan itu akan terus berjalan sebagaimana mestinya dan tetap sesuai aturan,” ujarnya, Rabu (9/10/2019).

Ramli pun tak segan meminta masyarakat menempuh jalur hukum. Jika, menemukan adanya kejanggalan dalam proses tahapan Pilkades.

Monggo laporkan jika masih belum puas secara teknis. Jalur hukum itu memang jalan untuk mencari kebenaran kok,” jelasnya.

Menurutnya, jika persoalan itu hanya dibawa ke DPRD tidak bakal menemukan jawaban yang pasti. Apalagi yang berhubungan dengan persoalan tahapan Pilkades yang diatur dalam Perbup.

“DPRD bukan lembaga mengadili benar dan salah. Jika ada persoalan seperti administrasi bisa diadukan ke PTUN. Kalau persoalan di Perbup, silahkan adukan ke Mahkamh Konstitusi (MK) atau Mahkamah Agung (MA),” tukasnya.

Reporter : Syaiful
Editor : Badrur