Pelantikan Kades Terpilih Dijadwalkan Desember

oleh -110 views
Kepala DPMD Sumenep, Moh. Ramli

Sumenep, teliksandi.net – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur telah usai digelar. Saat ini, pihak panitia mempersiapkan untuk penetapan dari para Cakades terpilih.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyaratak dan Desa (DPMD) Sumenep, Moh. Ramli mengatakan, hasil dari pada Pilkades serentak yang digelar pada 07 – 14 November 2019 lalu itu telah final.

Saat ini, panitia masih mempersiapkan berita acara untuk penetapan dan memberitahukan kepada pihak BPD setempat.

“Sekarang tahapannya penetapan. Panitia desa memberikan surat berita acara kepada BPD untuk kemudian ditetapkan,” katanya saat dikonfirmasi, Senin (18/11/2019).

Menurutnya, pemberitahuan tersebut penting dilakukan. Pasalnya, BPD akan kemudian melakukan pemberitahuan serupa kepada Camat dan panitia tingkat Kabupaten dan dilanjutkan kepada Bupati. Selain penetapan, juga untuk ditetapkan waktu untuk pelantikan.

“Rencananya pelantikan itu akan ditaruh pada bulan Desember 2019 mendatang. Cuma tanggal pastinya belum,” jelasnya.

Disinggung soal adanya beberapa desa yang sempat diwarnai dinamika. Ia mengaku, hal tersebut merupakan hal yang wajar.

Meski begitu, ia meyakini keseluruhan pelaksanaan Pilkades serentak yang dibagi menjadi dua tahap tersebut berjalan lancar.

“Tapi, kan secara umum Alhamdulillah berjalan lancar,” ucap mantan Kadinsos itu.

Untuk diketahui, Pilkades serentak tahun ini dibagi dua tahap. Tahap pertama pada Kamis 7 November 2019, untuk wilayah daratan sebanyak 174 desa. Sedangkan tahap kedua pada Kamis 14 November 2019, untuk wilayah kepulauan sebanyak 52 desa.

Reporter : Syaiful
Editor : Badrur