Mulai Tahun Ini, Penghasilan Tetap Perangkat Desa di Sumenep Setara PNS

oleh -937 views
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sumenep, Moh. Ramli (Syaiful/Teliksandi)

Sumenep, teliksandi.net – Tahun ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep memastikan akan memberikan gaji Kepala Desa (Kades)dan perangkatnya yang setara dengan PNS Pegawai Negeri Sipil (PNS) golongan II A.

Hal itu setelah Badan Anggaran (Banggar) DPR RI menyetujui anggaran bantuan penyetaraan penghasilan tetap (Siltap) dari pemerintah.

“Sesuai dengan amanat Permendagri, penghasilan tetap kepala desa dan perangkat desa itu setara dengan PNS golongan II A, yakni di atas Rp 2 juta,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sumenep, Moh. Ramli, Kamis (14/2/2020).

Sementara besaran penghasilan tersebut, kata Ramli, Pemkab Sumenep sudah mengatur melalui Peraturan Bupati (Perbup).

Ia menyebut, untuk perangkat seperti Kaur dan Kepala Dusun (Kadus) saja penghasilannya minimal Rp 2022.000 per bulan.

“Itu baru penghasilan tetap ya, belum ditambah tunjangan seperti iuran BPJS, tunjangan lainnya sesuai dengan kemampuan keuangan desa,” ungkapnya.

Mantan Kepala Dinas Sosial ini juga menjelaskan, kenaikan pendapatan tetap Kades dan perangkatnya diambil dari Alokasi Dana Desa (ADD) yang dicairkan langsung pemerintah daerah ke desa.

“(Diambil dari ADD), karena perioritas penggunaan ADD memang untuk membayar penghasilan tetap kepala desa dan perangkat desa,” jelas dia.

Namun demikian, kenaikan penghasilan tetap itu berkonsekuensi terhadap pengaturan hari dan jam kerja. Di antaranya kades dan perangkatnya harus masuk kantor mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 13.30 WIB.

“Kenaikan penghasilan ini diharapkan dapat diimbangi dengan peningkatan kinerja kades dan perangkat desa dalam melayani masyarakat,” harapnya.

Reporter: Syaiful
Editor: Naylia