Limbah Pabrik Tahu di Pamekasan Ancam Kesehatan Warga

oleh -60 views

Pamekasan, teliksandi.net – Kesehatan masyarakat Desa Bicorong, Kecamatan Pakong, Kabupaten Pamekasan terancam. Limbah tahu yang diduga sengaja dibuang ke aliaran sungai Sumber Raja menjadi penyebabnya. Hingga saat ini belum diketahui pemilik pabrik tersebut.

Sungai itu merupakan sumber mata air yang biasa digunakan masyarakat untuk keperluan sehari-hari, seperti mandi dan mencuci pakaian.

“Airnya kotor karena limbah tahu, dan sudah biasa kami lihat di aliran air sungai ini mas, tapi kami menggunakan air ini untuk cuci baju, mandi dan cuci beras,” ungkap Misnatun, warga setempat, Senin (7/10/2019).

Bahkan menurutnya, saat ini ia seringkali mendapati air tersebut keruh dan mengeluarkan bau tak sedap. Tidak seperti sebelumnya yang masih bersih dan terlihat bening. Dia khawatir berdampak pada kesehatan warga.

Dia berharap pihak terkait untuk segera memberikan teguran kepada pemilik pabrik agar air sungai tersebut tetap bisa digunakan oleh masyarakat sekitar.

“Semoga segera ada solusi untuk mengatasi hal ini,” tutupnya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH ) Kabupaten Pamekasan Amin Jabir belum bisa dimintai komentar. Saat akan dimintai keterangan, dia sedang ada acara di luar kantor.

“Bapak tidak di kantor mas, masih ada acara diluar,” kata salah satu stafnya.

Reporter: Rozi

Editor: Rahmat