Kades Buker Sampang Diduga Serobot Lahan Warga

oleh -153 views

Sampang, teliksandi.net – Kepala Desa Buker, Abdus Shodiq dikabarkan telah menyerobot tanah milik warga Dusun Tanah Merah, Desa Buker, Kecamatan Jrengik, Kabupaten Sampang.

Awalnya, tanah yang memiliki luas sekitar 8.200 M2 sudah dibeli lunas beserta pembuktian keterangan lunas oleh H. Sukur dari H. Midan yang berasal dari Desa Bliga, Kabupaten Bangkalan, sebesar Rp 200 juta.

Tanah tersebut kemudian dikelola dan dijadikan sebagai tempat usaha galian, akan tetapi usaha galian itu tidak berlangsung lama, karena pemilik mengalami gangguan kesehatan (sakit) hingga berujung pada kematian.

Seusai meninggalnya H. Sukur, tanah tersebut diwariskan kepada Tomi, putranya dengan penguasaan hukum ahli waris oleh H. Riadi.

Namun selang beberapa waktu, secara tiba-tiba usaha galian tersebut digarap oleh Kades Buker yang disebut-sebut tidak memiliki hubungan kerjasama dengan H. Sukur.

Lastas, ahli waris dan keluarga mendatangi dan menutup paksa lahan usaha tersebut dikarenakan pihak pemakai atau kades itu mengabaikan beberapa peringatan dari dari ahli waris dan keluarga.

Akhirnya, Senin (09/12/2019) kemarin pihak ahli waris dan keluarga sangat tidak terima dengan perlakuan sewenang-wenang oleh kades Buker dan dianggap menyalahi aturan hak milik.

Bahkan ketika H. Riadi sebagai kuasa hukum ahli waris menanyakan kepada ahli waris, tidak ada bukti kerjasama sama sekali antara kades dan pemilik tanah sebelumnya, H. Sukur.

“Tidak ada bukti jelas, dan beliau tidak pernah menceritakan kapada keluarga bahwa beliau bekerja sama dalam usaha galian itu dengan Kades Buker,” terang Riadi, Rabu (11/12/2019).

Sementara Kades Buker saat dihubungi media ini membantah jika tidak ada kerjasama, bahkan ia menyebut nama Wakil Bupati Sampang, H. Abdullah Hidayat dan H. Muri yang menurutnya juga pernah melakukan kerjasama.

“Kerjasama itu bukan hanya bersama saya, bahkan Wabup dan H. Muri juga terlibat di dalamnya. Pada saat itu saya kekurangan modal untuk usaha. Dan H. Sukur membatu saya. Maka kemudian, dari situ kami mulai bekerja sama antara saya, Wabup dan H. Muri,” terangnya.

Akan tetapi, saat dicecar mengenai bukti kerjasama itu, Kades Buker tidak memberikan jawaban yang jelas. Meski media ini beberapa kali menghubunginya lagi, Kades Buker tidak memberikan konfirmasi.

Reporter : Jack
Editor : Rozi