Jelang Pilkades, DPMD Sumenep Minta Masyarakat Hindari Politik Uang

oleh -33 views
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, Moh. Ramli

Sumenep, teliksandi.net – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur mengajak masyarakat melaksanakan Pemilu yang jujur, bersih dan baik saat Pilkades serentak mendatang.

Sementara, pemungutan suara Pilkades serentak tahun ini dibagi dua tahap. Tahap pertama pada Kamis 7 November 2019, untuk wilayah daratan sebanyak 174 desa. Sedangkan tahap kedua pada Kamis 14 November 2019, untuk wilayah kepulauan sebanyak 52 desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DMPD) Sumenep, Moh. Romli menyampaikan, agar dalam Pilkades nanti, masyarakat tidak usah memakai politik uang (money politics).

Menurut dia, Pilkades itu selayaknya berjalan sesuai aturan yang berlaku. Sehingga nantinya tidak akan terjadi hal-hal yang mencederai pesta demokrasi tingkat desa tersebut.

“Apa artinya uang kalau nantinya membuat masyarakat menjadi tidak rukun satu sama lain. Untuk itu, saya minta dalam Pilkades nanti hindarilah politik uang,” katanya, Selasa (05/11/2019).

Dengan demikian, pihaknya juga mengimbau pada para calon Kades untuk lebih mengedepankan visi-misi dalam memikat hati masyarakat. Jangan sampai menggunakan cara-cara amoral atau yang merugikan dirinya sendiri kelak setelah jadi.

Selain itu, mantan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sumenep tersebut juga mewanti-wanti masyarakat agar memantapkan pilihannya pada figur yang tepat, serta bisa membawa desanya ke arah yang lebih baik.

“Jangan memilih karena diiming-imingi uang dan melupakan nasib desanya untuk beberapa tahun kedepan,” jelas dia.

“Utamanya lagi adalah netralitas Panitia pelaksana yang harus dijunjung tinggi, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi, sampai netralitasnya terbeli dengan uang,” tukasnya.

Reporter : Syaiful
Editor : Badrur