Jagoannya Tak Lolos Pilkades, Warga Juruan Laok Demo Kantor Pemkab dan DPRD

oleh -459 views
Massa aksi maksa masuk Gedung DPRD Sumenep dengan panjat pagar

Sumenep, teliksandi.net – Ratusan massa dari salah satu Bakal Calon Kepala Desa (Bacakades) Juruan Laok, Kecamatan Batuputih, mendatangi kantor DPRD Sumenep, Selasa (8/10/2019).

Mereka menuntut penjelasan atas tidak lolosnya Vakal Calon Kepala Desa (Bacakdes) mereka, yakni Noer Mahenny.

Versi mereka, Noer Mahenny adalah orang yang berpengalaman di bidang pemerintahan, dan hal tersebut dibuktikan dengan salinan surat keputusan terkait pengangkatan dirinya sebagai tenaga honorer di Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (Kemen PUPR).

“Pengalaman Noer Mahenny ini sudah jelas kok, dan itu sudah kita lampirkan dalam berkas Bacakades sewaktu pencalonan. Tapi skornya tidak sampai. Bahkan, di pengalaman pemerintahan mendapatkan skor 0, ini perlu dipertanyakan,” teriak koordinator aksi, Edi Junaidi saat berorasi di DPRD Sumenep.

Mereka juga meminta agar pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) transparan dalam memberikan hasil tes Bacakades.

“Kami juga ingin semua hasil tes Bacakades di Desa Juruan Laok itu diperlihatkan secara terbuka. Karena kami merasa tidak yakin kenapa sampai Noer Mahenny tidak lolos,” ujarnya.

Untuk diketahui, ratusan massa aksi longmarch dari Taman Bunga menuju kantor Bupati. Didepan Pemkab, massa aksi melakukan orasi dan mengecam tindakan pemkab dalam mengeluarkan aturan Perbup 54/2019. Setelah itu,dilanjutkan ke kantor DPMD dan berakhir di depan gedung DPRD Sumenep.

Dengan pengawalan ketat anggota kepolisian, perwakilan massa ini diterima Ketua DPRD Hamid Ali Munir dan Wakil Ketua Indra Wahyudi untuk melakukan hearing. Dihadirkan pula Kepala DPMD, Moh. Ramli.

Pantauan di lokasi, sampai detik ini, hearing dengan pimpinan DPRD masih berlangsung alot.

Reporter : Syaiful
Editor : Badrur