Dispertahortbun Sumenep Imbau Petani tak Banyak Tanam Tembakau

oleh -44 views
Foto: Ilustrasi petani tembakau. (ist/magelangekspres.com).

Sumenep, teliksandi.net – Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (Dispertahortbun) Kabupaten Sumenep, mengimbau kepada petani untuk tidak terlalu banyak menanam tembakau.

Hal itu disebabkan oleh salah satu pabrik yang memastikan tidak akan membeli tembakau untuk tahun ini, yakni pabrik PT. Bentoel Prima.

“Karena satu pabrik tidak akan mengambil, sudah mengirimkan surat ke kami,” ungkap Kepala Bidang (Kabid) Perkebunan Dispertahortbun Sumenep, Rina Suryandari, Senin (3/8/2020).

Suryandari mengatakan, alasan pabrik tersbeut tidak akan membeli tembakau tahun ini lantaran stok tembakau yang ada di pabrik tersebut masih banyak. Ditambah ada kebijakan dari pemerintah terkait kenaikan tarif cukai rokok.

Sehingga pabrik tersebut tidak akan melakukan pembelian untuk di musim tembakau tahun ini. “Yang pasti satu pabrik tidak mengambil, kalau pabrik yang lain belum ada kepastian,” tuturnya.

Menurutnya, di Kabupaten Sumenep petani tembakau telah melebihi kapasitas, maka dari itu ia menghimbau agar masyarakat mengurangi dalam penanaman tembakau.

“Kalau respon masyarakat ya bermacam, kita tetap sosialisasikan dengan keadaan, yang kita jaga kan dari harga. Jika banyak petani yang menanam tapi anjlok, kan gimana,” pungkasnya.

Reporter : Hanif Tanzil
Editor : Naylia