Begini Jawaban DPMD Sumenep Soal Bacakades Juruan Laok

oleh -646 views
Perwakilan massa aksi saat melakukan hearing bersama pimpinan DPRD Sumenep

Sumenep, teliksandi.net – Hasil penetapan Calon Kepala Desa (Cakades) Juruan Laok, Kecamatan Batuputih, Kabupaten Sumenep rupanya masih menyisakan polemik. Hal itu dilatarbelakangi adanya satu Bacakades yang tidak lolos skoring di seleksi tambahan.

Ia kalah scoring masa bakti pengalaman kerja di bidang pemerintahan dari Cakades lain. Bahkan, pada hasil tes pengalaman pemerintahan mendapatkan skor 0.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, Moh. Ramli mengatakan, faktor pengalaman kerja menjadi variabel utama penilaian, sebelum menginjak kategori pendidikan dan usia.

“Di Perbup sudah diatur secara rinci dalam hal seleksi tambahan. Bahkan, selisih haripun harus tetap dihitung sebagai dasar skoring,” kata Ramli saat hearing bersama pengunjuk rasa di gedung DPRD Sumenep, Selasa (8/10/2019).

Menurutnya, sesuai Perbup No 54/2019 yang dimaksud dengan pengalaman pemerintahan dan mendapat skor meliputi Kades, Ketua BPD, PNS, TNI, Polri, DPRD, Pensiunan dan Pj. Kades, Perangkat Desa, serta anggota BPD.

“Peraturan ini juga berjenjang kok. Perbup ini turunan dari UU, PP, dan Permendagri. Jadi, tidak asal dan sembarangan,” ujarnya.

Soal tudingan massa aksi perihal Surat Keputusan (SK) pendamping atau tenaga honorer. Menurut Ramli, itu tidak ada nilainya pada saat mencalonkan diri sebagai Kades.

Tidak hanya itu, sambung Ramli, SK seorang sertifikasi dan tenaga PHL juga tidak bernilai. Meski, menjadi lampiran dalam Cakades.

“Semisal seperti SK pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) atau tenaga honorer. Itu tidak ada nilainya pada saat hendak mendaftar Kades,” ucap Ramli.

Seperti diberitakan sebelumnya, ratusan massa dari pendukung salah satu Bacakades Juruan Laok, Kecamatan Batuputih, mendatangi kantor DPRD Sumenep, Selasa (8/10/2019). Mereka menuntut penjelasan atas tidak lolosnya Bacakdes mereka yakni Noer Mahenny.

Padahal, Noer Mahenny adalah orang yang seorang tenaga honorer di Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (Kemen PUPR).

Reporter : Syaiful
Editor : Badrur