Ada Kampung Tangguh di Pamekasan, Ini Wilayahnya

oleh -258 views
Peresmian Kampung Tangguh di Desa Bulangan Barat Kecamatan Pagentanan Pamekasan

Pamekasan- teliksandi.net– Dalam upaya mencegah sebaran Corona virus desease 19 (Covid-19), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan bersama Polres Pamekasan, Serta Kodim 0826 Pamekasan membentuk kampung tangguh.

Kampung tangguh ini dibentuk di Desa Bulangan Barat, Kecamatan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Kamis (28/05/2020).

Kapolres Pamekasan, AKBP Djoko Lestari mengatakan, pembentukan kampung tangguh ini merupakan upaya pencegahan sebaran wabah virus Corona dengan bergotong-royong, serta saling bahu-membahu antar masyarakat.

“Terima kasih kepada Camat, Kapolsek, Danramil, Kades yang telah menginisiasi pembentukan kampung tangguh di Desa Bulangan Barat,” kata Kapolres Pamekasan AKBP Djoko Lestari.

Kapolres Djoko menjelaskan, kampung tangguh ini sengaja pihaknya bentuk guna melibatkan masyarakat secara langsung dalam memutus mata rantai penyebaran wabah virus Corona di Kabupaten Pamekasan.

“Dengan dibentuknya kampung tangguh ini, masyarakat bisa aktif dalam upaya pemecahan masalah terkhusus virus Corona,” imbuhnya.

Labih lanjut, pria yang karib disapa Djoko ini menambahkan, pembentukan kampung tangguh tak hanya di desa Bulangan Barat saja, melainkan ada beberapa desa pilihan di kabupaten setempat yang telah pihaknya bentuk.

“Desa di Kabupaten Pamekasan saat ini yang sudah terbentuk kampung tangguh yakni di Desa Bulangan Barat Kecamatan Pegantenan, kemudian Desa Billaan Kecamatan Proppo, dan di Kelurahan Kangenan di Kecamatan Kota,” jelasnya.

Kepala Desa Bulangan Barat, Faisol mengatakan, pihaknya sangat berterimakasih atas pembentukan kampung tangguh ini. Ia berharap, dengan adanya kampung tangguh ini dapat menekan penyebaran Covid-19 di desa-desa. Terkhusus di Desa Bulangan Barat.

Kata Faisol, posko kampung tangguh ini dilengkapi dengan ruang isolasi, dapur umum, lumbung pangan dan ditopang dengan satgas Covid-19 yang senantiasa siap menangani darurat Covid-19.

“Termasuk juga sudah disiapkan tiga portal di setiap akses jalan masuk menuju dusun Utara ini, dan setiap portal disiapkan alat cuci tangan,” pungkasnya

Reporter: Taufiqurrahman
Editor : Naylia