Ramuan Mak Jun, Bertahun-tahun Digandrungi Pasutri di Madura

0

Sumenep, teliksandi.net – Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur ternyata menyimpan banyak warisan budaya para leluhur yang masih lestari hingga saat ini. Salah satunya adalah ramuan tradisional yang mengandung banyak sekali khasiat.

Ramuan ini merupakan salah satu ramuan tradisional yang sangat populer di Indonesia. Selain dipercaya dapat menjaga kebugaran dan meningkatkan imun tubuh manusia, ramuan Madura juga kerap kali menjadi andalan para pasangan suami istri.

Jamu ramuan tradisional racikan warga ujung timur Pulau Garam ini tentu sudah dikenal di berbagai daerah di Indonesia. Ramuan Tongkat Wasiat menjadi satu di antara begitu banyak ramuan tradisional peninggalan nenek moyang orang Sumenep.

Konon, ramuan ini bisa membuat keharmonisan rumah tangga selalu terjaga dengan baik, lantaran kehidupan di ranjang menjadi lebih menyenangkan. Ramuan yang sudah turun temurun ini sangat dikenal lantaran khasiatnya yang betul-betul manjur.

Ibu Su, peracik sekaligus pemilik usaha rumahan jamu tradisional ini mengaku tempatnya selalu dibanjiri pesanan.

Rumahnya yang berlokasi di Jalan raya Gapura, Desa Paberasan, Kecamatan Kota Sumenep tak pernah sepi dari pembeli. Selain melestarikan warisan nenek moyangnya, meracik jamu juga menjadi usaha rumah tangga yang menjanjikan.

“Tentu tujuan utama saya melestarikan warisan nenek moyang. Karena ramuan dari nenek moyang saya ini sudah terkenal di masyarakat karena khasiatnya yang manjur,” ungkapnya, Jumat (3/7/2020).

Wanita yang sudah berumur 56 tahun itu menjelaskan bahwa, usaha jamu tradisional yang hingga sekarang ia tekuni tiap hari kian meningkat, karena khasiat ramuan tradisional ini khasiatnya tidak diragukan, bahkan sejak dulu sampai sekarang tidak pernah ada satupun pembeli yang protes soal ramuan tersebut.

“Produk kami murni ramuan tradisional. Jadi benar-benar aman dan tidak ada efek samping yang membahayakan,” ucap Bu Su.

Ia menceritakan, usaha jamu ramuan tradisional yang dia tekuni sekarang merupakan warisan dari neneknya bernama Midhaq. Setelah neneknya meninggal dunia, ramuan tersebut diwariskan ke dirinya kepada anaknya yang bernama Ibu Su. Saat itulah ia terus mengembangkan usaha jamu tradisional tersebut.

Tidak berhenti sampai di situ, berkat ketelatenan dan keuletan sang ibu, akhirnya usaha keluarga ini berhasil menciptakan ramuan tradisional khusus pasangan suami istri yang berbentuk serbuk dan kapsul yg diberi nama Mak Jun.

“Insyaallah ramuan ini bisa menambah stamina vitalitas pria dan menyerap lendir pada bagian tubuh sensitif para kaum hawa, sehingga saat berhubungan intim bersama pasangannya akan lebih memuaskan,” tutupnya.

Reporter : Achmad Kawamil
Editor : Naylia