Program Desa Tematik, Cara Cerdas Bupati Pamekasan Gali Potensi Ekonomi

0

Pamekasan, Teliksandi.net.-Bupati Pamekasan kembali menggagas program baru untuk percepatan pembangunan ekonomi masyarakat Kabupaten Pamekasan.

Bupati milenial itu memilih tema ‘Desaku Makmur Pamekasan Hebat’ pada tahun 2021 dengan menciptakan desa tematik, seperti desa batik, desa wisata, desa sandal, desa sarung bahkan ada kampung songkok yang menjadi binaan pemerintah kabupaten (pemkab).

Gagasan tersebut ia sampaikan pada kesempatan saat menjadi pemateri dalam webinar bersama Universitas Airlangga dengan tema “Inspirasi Madura : Modal Sosial Masyarakat Untuk Pembangunan”, Selasa (16/2/2021).

Menurut dia, inspirasi Madura modal sosial masyarakat untuk pembangunan itu menjadi alasan dirinya untuk mengagas program tersebut.

Itu merupakan dorongan dari keinginan dirinya untuk menjadikan Pamekasan lebih mandiri. Program desa tematik diharapkan menjadi salah satu pendokrak perekonomian.

Selain itu, Pemkab juga meningkatkan sumber daya manusia (SDM) untuk menggali potensi ekonomi dengan pendidikan yang berkemajuan. Peningkatan pendidikan itu salah satunya memberikan beasiswa santri bekerja sama dengan pondok pesantren dengan kategori santri berprestrasi dan santri kurang mampu.

“Seluruh potensi ekonomi dan kebudayaan, dan potensi apapun di desa melalui tema tema desa utama yang mau digarap. Ada desa pertanian, desa peternakan, desa batik dan lain sebagainya”, jelasnya.

Eks anggota DPRD Jawa Timur itu membeberkan, teknis penentuan desa tematik tersebut yakni dengan melakukan kajian-kajian komprehensif dengan melibatkan perguruan tinggi, pegiat sosial sampai kalangan non government.

“Hal ini menjadi spirit tersendiri dalam menggali potensi desa agar segala kebutuhan masyarakat Pamekasan dapat dipenuhi oleh produk lokal”, paparnya.

“Setelah ditemukan identitasnya, ditemukan caranya, ditemukan modelnya, kita lakukan beberapa pelatihan dan keberpihakan dari desa, kecamatan dan kabupaten,” tandasnya. (ADV)

Reporter: Badrut
Editor: Lindawati