Pemkab Pamekasan Anggarkan Rp 4 Miliar untuk Bansos 400 Lansia

0

Pamekasan, Teliksandi.net- Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur mengganggarkan empat Miliar Rupiah untuk Bantuan Sosial terhadap 400 Lansia yang tersebar di 13 Kecamatan.

Anggaran tersebut bersumber dari Angggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021 Kabupaten Pamekasan.

Bansos tersebut direncanakan akan diberikan dalam bentuk jatah makan 2 kali sehari dengan estimasi 15 Ribu Rupiah untuk satu kali makan, disertai dengan cek kesehatan secara berkala pada Lansia yang terdaftar dalam penerima manfaat Bansos tersebut.

Bupati Pamekasan, H. Badrut Tamam mengatakan, Bantuan Sosial yang akan menyasar Lansia tersebut, adalah wujud hadirnya Pemerintah Kabupaten Pamekasan dalam mengabdi dan memberikan pelayanan kesejahteraan dan kesehatan pada Lansia utamanya untuk menunjang pemenuhan gizi masyarakat Lansia di Kabupaten Pamekasan.

“Hari ini kita berdiskusi merancang dan merumuskan beberapa program utama yang akan kita garap di 2021, di bidang layanan perlindungan dan pemberian tambahan makanan dan kesehatan untuk lansia, ” Katanya, Jumat 22/1/2021.

Lebih Lanjut Politisi PKB ini menjelaskan, bahwa program Bansos untuk Lansia tersebut merupakan Program baru bagi Kabupaten Pamekasan, sehingga perlu di matangkan termasuk konsep, manajemen dan hal yang paling teknis lainya.

“Rencananya program bantuan ini akan digulirkan oleh pemerintah pada bulan Februari dan paling lambat bulan Maret,” jelasnya.

Adapun kriteria Lansia yang akan menjadi sasaran Bansos ini, diantaranya pertama lansia berumur minimal 60 tahun, kedua tinggal sendirian.

Selanjutnya dari keluarga tidak mampu atau prasejahtera dan yang tidak mampu memenuhi kebutuhan dasar terutama kebutuhan pangan, Dan yang keempat mendapat rekomendasi dari pihak Desa. (Adv).

Reporter : Badrut
Editor : Lindawati