Pasien Postif Corona Bisa Memilih di Pilkada Sumenep

0

Sumenep, teliksandi.net- Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mewajibkan seluruh elemen penyelenggara, mulai dari KPPS, PPS serta PPK untuk melakukan rapid test Covid-19.

Hal itu dilakukan guna mencegah adanya klaster baru di Kabupaten berjuluk Kota Keris Ini.

Tak hanya itu, bagi calon pemilih yang hendak mencoblos di 9 Desember mendatang, diwajibkan untuk menaati Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19.

Kendati demikian, bagi calon pemilih yang saat ini atau pun pada saat pelaksanaan nanti, masih ditetapkan sebagai pasien Positif Corona, tetap bisa menggunakan hak pilihnya secara langsung.

Hal itu sebagaimana disampaikan Komisionir KPU Sumenep, Rafiqi Tanzil. Ia memastikan, pasien positif covid-19 tidak akan hilang hak pilihnya.

“Pasien positif tetap punya hak untuk memilih, khusus pasien positif Covid-19 nantinya setiap TPS akan ada pentugas khusus dengan menggunakan APD lengkap,” kata Rafiqi Tanzil saat sosialisasi pemilih pemula bersama Asosiasi Media Online (AMOS), Minggu (29/11/2020) kemarin.

Sementara bagi pasien yang dirawat di Rumah Sakit hingga tanggal 9 Desember nanti, maka akan berhak memberikan suaranya dengan syarat harus mengisi Form A5 yang telah disediakan KPU setempat. “Form A5 ini adalah pindah pilih,” sambungnya.

Untuk diketaui, kabupaten Sumenep hingga saat ini ini pasien positif Covid-19 berjumlah 736 pasien. Dengan rincian, 667 orang dinyatakan sembuh, sementara 67 lainnya tengah dirawat.

Reporter : Taufiq
Editor : Naylia