Pasien Positif Covid-19 Kabur, Begini Penjelasan Pihak RSUD

0

Sumenep, Teliksandi.net– Seorang pasien positif Covid-19 di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, yang tengah dirawat di RSUD Moh Anwar Sumenep melarikan diri dari ruang isolasi.

Humas RSUD Moh Anwar Kabupaten Sumenep, Arman Endika, membenarkan hal tersebut. Menurutnya, pasien yang melarikan diri itu merupakan pasien yang menjalani perawatan medis semenjak Kamis, tanggal 2 Juli 2020 lalu.

“Iya benar ada satu pasien yang meninggalkan rumah sakit. Kita masih cari yang bersangkutan,” kata Arman Endika, Senin (6/7/2020).

Dijelaskannya, pasien menghilang dari ruang isolasi pada Sabtu, 5 Juli 2020 sekira pukul 10.00 WIB, yakni saat jadwal observasi petugas medis terhadap pasien.

“Semua pasien kita periksa secara rutin setiap hari. Ruang isolasi dibuka saat jadwal itu saja, jadi pada saat-saat itu pasien ini tahu kemudian memanfaatkan kondisi itu,” tutur Arman Endika menjelaskan.

Menurut Arman, sapaan karibnya, sehari sebelum melarikan diri, pasien sempat meminta izin kepada dokter yang menanganinya untuk melakukan isolasi mandiri. Namun, dengan mempertimbangkan banyak hal, pihak rumah sakit enggan untuk memberikan izin.

“Sebelumnya pasien sempat berkonsultasi dengan dokter. dirinya ingin melakukan isolasi mandiri, namun tidak diizinkan,” terangnya.

Saat ini, sambung Arman, pihaknya tengah berupaya untuk melakukan pencarian, salah satunya yakni dengan berkoordinasi dengan pihak terkait.

“Sejak hari kejadian, yang bersangkutan tidak berada di rumahnya,” jelasya.

Reporter: Taufiqurrahman
Editor: Rahmat