Konsep Sumenep Syari’ah Ala Fattah Jasin

0

Sumenep, teliksandi.net- Kabupaten Sumemep, Madura, Jawa Timur merupakan kabupaten berbasis santri. Tak ayal, orang luar mengenal kabupaten yang ada di ujung Pulau Madura itu sebagai Kota Santri.

Sebab, kabupaten ini memiliki budaya religius. Dan, ditambah mayoritas masyarakatnya yang notabenenya adalah santri. Baik yang saat ini tengah menempuh ataupun yang sudah alumnus.

Menanggapi hal itu, pasangan calon (Paslon) nomor urut satu pilkada 2020, Fattah Jasin akan mendorong pertumbuhan ekonomi berbasis syari’ah.

Menurutnya, Sumenep memiliki modal sosial yang kuat karena basis kultural masyarakatnya beragama Islam, dengan pondok pesantren yang begitu banyak.

Dengan begitu menurutnya bukan sesuatu mustahil konsep ekonomi syari’ah bisa diterapkan dan menjadi kekuatan ekonomi di kabupaten berlambang kuda terbang ini.

“Madura dan Sumenep khususnya konsep ekonomi syari’ah ini bisa berkembang dengan baik karena memiliki modal sosial di mana mayoritas masyarakat Islam, ini bisa berkembang baik,” terangnya.

Kendati demikian, pria yang karib disapa Gus Acing itu menambahkan, ekonomi syariah saat ini sudah mengakar di Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya koperasi-koperasi serta lembaga keuangan lainnya yang sudah beroperasi. Namun saat ini, dedikasinya terhadap masyarakat kurang maksimal.

“Sekarang banyak yang mengarah ke ekonomi syariah, tapi di Indonesia itu belum maksimal, padahal potensinya sangat besar,” jelasnya.

Untuk merealisasikan ekonomi syari’ah, Fattah Yasin akan melakukan penguatan struktur terhadap pelaku-pelaku usaha, Unit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) juga akan mendorong industri yang sudah memiliki impeck keumatan dengan penerapan sistem ekonomi berbasis syari’ah.

“Memperkuat struktur-struktur pelaku Usaha, UMKM bahkan mungkin pengelolaan pariwisata berbasis syariah biar tidah haram, dan semua penjuru pelaku usaha harus dikemas dengan konsep ekonomi syariah,” jelasnya

Reporter : Taufiq
Edito : Naylia