Ini Syarat dan Kriteria Penerima BLT DBHCHT Pemkab Pamekasan

0

Pamekasan, Teliksandi.net- Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur berencana akan memberikan bantuan berupa uang tunai kepada buruh pabrik rokok.

Warga yang akan menerima BLT ini yakni mereka yang tengah bekerja di pabrik rokok lokal yang telah didata dan terdaftar di kantor Bea Cukai setempat.

Hingga kini, proses pendataan dan inventarisasi terus dilakukan pemerintah daerah di Pamekasan untuk memenuhi database petani dan buruh tani tembakau di tahun 2021 ini.

Bahkan, untuk Verifikasi dan Validasi data buruh tani akan lebih teknis lagi dilakukan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Pamekasan Jawa Timur.

Kepala Bidang Produksi Pertanian DKPP Pamekasan, Achmad Suaidi mengatakan, saat ini instansinya tengah menverifikasi data buruh tani yang di Pamekasan yang layak menerima bantuan tersebut.

“Syarat utamanya adalah, belum pernah menerima bantuan, seperti PKH, UMKM, bantuan Pangan Non Tunai dan berbagai macam bantuan lainnya,” terangnya.

Untuk memastikan calon penerima dengan baik, atau betul-betul layak menerima, dalam proses pendataan baik itu verivikasi maupun validasai, pemerintah daerah melibatkan pihak kecamatan dan pemerintah desa.

“Sedangkan yang terlibat Verval buruh tani ini perangkat pihak Camat, perangkat Desa, dan Poktan,” tambahnya.

Dari hasil pendataan, saat ini sudah terdapat 4.810 buruh tani yang layak menerima BLT DBHCT Pamekasan. Itu dari jumlah total buruh tani yang ada sekitar 26.000 orang se Bumi Gerbang Salam.

“Data buruh tani ini sudah kami serahkan kepada bagian Perekonomian Pemkab Pamekasan,” tandasnya.

Penulis: Taufiq
Editor: Lindawati