Gebyar Pameran Bonsai Tingkat Nasional Meriahkan Hari Jadi Kabupaten Sumenep ke-752

0

Sumenep, Teliksandi.net-Sebanyak 678 tanaman bonsai ikut tampil dalam Pameran dan Kontes Bonsai tingkat nasional, di Kabupaten Sumenep Madura, Jawa Timur.

Pembukaan seni bonsai itu berlangsung di halaman selatan Bandara Trunojoyo Kelas III terminal II pada hari Minggu (24/10/2021).

Bupati Achmad Fauzi dalam kesempatan itu mengatakan, kontes bonsai merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan hari jadi kabupaten sumenep ke 752.

“Jadi memang saya melihat potensi bonsai di Sumenep ini sangat menjanjikan dan pada saat ini memang agak lesu beberapa tahun terakhir,” paparnya, Minggu (24/10/2021).

Orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep ini menambahkan, pameran ini digelar lantaran Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) ingin ada pameran bonsai di Sumenep.

“Saat dari PPBI ingin ada pameran bonsai. Kami memberanikan diri untuk merencanakannya,” tuturnya menambahkan.

Ditanya soal kontes di gelar di Bandara Sumenep, politikus PDIP itu menjawab demi menarik wisatawan untuk datang ke Sumenep menggunakan jasa transportasi udara.

“Saya berharap dan ingin menyampaikan pada peserta kontes bonsai bahwa Sumenep memiliki Bandara Jadi jika ada pagelaran ini di tahun berikutnya paling tidak pemilik bonsai ini bisa naik pesawat baik dari Banyuwangi Bali Denpasar Gianyar Kabupaten Batang juga dari Padang dan juga jakarta,” katanya

Sementara itu, Ketua Pelaksana Pameran dan Kontes Bonsai Nasional 2021, Teguh Doni Efendi menjelaskan, sebanyak 678 peserta dari segala penjuru ikut dalam pameran dan kontes bonsai tersebut dari tanggal 21-31.

“Terutama dari ujung timur Banyuwangi, Bali, Denpasar, Ciamis, juga ada dari Padang. Mereka sangat antusias sekali dengan adanya perayaan hari jadi Kota Sumenep yang ke 752 ini,” ucapnya

Kata dia, dalam kontestasi bonsai ini ada beragam kelas yang dilombakan. Mulai dari kelas bintang atau kelas utama.

“Jadi Kita di Sumenep ini memiliki spesialis bonsai langka. Makanya banyak yang kaget,” tutupnya

Reporter: Rifki
Editor: Lindawati