DPRD Sumenep Gelar Rapat Paripurna Penyampaian Nota Penjelasan Bupati atas Raperda 2020

0

Sumenep, Teliksandi.net – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Sumenep, menggelar rapat paripurna penyampaian nota penjelasan Bupati terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Tahun 2020 di kantor DPRD setempat, Senin (21/09/2020).

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Sumenep, Abdul Hamid Ali Munir. Turut hadir juga Bupati Sumenep, KH. A. Busyro Karim dan sejumlah anggota DPRD.

Ketua DPRD Sumenep, Abdul Hamid Ali Munir mengatakan, ada 2 pembahasan dalam rapat tersebut, yaitu pertama terkait pembentukan dana cadangan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024, lalu kedua soal rancangan perubahan struktur organisasi daerah.

“Ini menjadi sebuah indikator dan kesiapan pemerintah dalam mengantisipasi kebutuhan dalam pilkada kurun waktu 4 tahun ke depan,” jelasnya

Menurut dia, nanti dalam rancana tersebut akan membentuk Pansus yang tugasnya untuk memastikan bahwa pembentukan dana cadangan tersebut dilaksanakan sesuai mekanisme dan perencanaan yang matang.

“Perubahan ini bisa disebut sebagai upaya mereformasi birokrasi yang akan membawa perubahan positif terhadap mental dan budaya kerja birokrasi,” ucapnya.

Sementara menurut Bupati Sumenep, KH. A. Busyro Karim, menyampaikan, pembentukan dana cadangan tersebut sudah berdasarkan dengan UUD RI Nomor 33 Tahun 2004 dalam Pasal 76 Ayat 1.

“Tentang pembentukan dana cadangan, diamanatkan guna mendanai yang tidak dapat dibebankan dalam satu tahun anggaran yang ditetapkan dengan peraturan daerah,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Raperda tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2016 tentang Bentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Sumenep berpedoman pada UU Nomor 23 tahun 2014. Ia hal itu berdampak yang cukup besar terhadap roda pemerintahan Sumenep.

“Termasuk pengaturan mengenai perencanaan pembagunan pengelolaan uang daerah,” pungkasnya.

Reporter : Hanif Tanzil
Editor : Rahmat