Bupati Terima Naskah Hasil Kajian Akademik Rencana Pemekaran Kabupaten Pamekasan

0

Pamekasan, Teliksandi.net- Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur menerima naskah hasil kajian akademik pemekaran kabupaten Pamekasan.

Naskah kajian akademik itu diserahkan oleh beberapa pimpinan perguruan tinggi se Kabupaten Pamekasan di Pendopo Mandhapa Agung Ronggosukowati, Rabu (17/2/2021).

Kajian akademik yang dimotori oleh Institut Agama Islam Nageri (IAIN) Madura itu sebagai syarat Madura menjadi Provinsi.

Bupati Pamekasan, Badrut Tamam mengatakan, hasil kajian akademik yang telah ia terima akan didiskusikan dengan pihak pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.

“Rencana pemekaran ini adalah rencana besar, bukan hal mudah untuk kita lakukan, saya akan kaji dulu,” katanya.

Menurut dia, telaah pada hasil kajian perguruan tinggi penting untuk dilakukan karena rencana pemekaran berkaitan dengan administrasi kenegaraan sehingga harus konsultasi secara inten.

Lebih lanjut, Eks anggota DPRD Jawa Timur itu menyampaikan harapannya atas rencana pemekaran Pamekasan kedepan, ia berharap akan ada percepatan ekonomi secara signifikan.

Tetapi, kata dia, seperti apapun perubahan yang akan terjadi setelah pemekaran Pamekasan ke depan supaya tidak meninggalkan basis local wisdom.

“local wisdom sebagai identitas Madura yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Karakteristik Madura sebagai suku tidak boleh hilang,” tutupnya.

Reporter: Badrut
Editor: Lindawati