Bupati Pamekasan Apresiasi Penanaman Pohon Program Langit Biru PT. Pertamina

0

Pamekasan, Teliksandi.net- Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur mengapresiasi aksi penanaman 600 bibit pohon oleh PT. Pertamina di lapangan Pondok Pesantren Asysyahidul Kabir Sumber Batu, Desa Blumbungan, Kecamatan Larangan tersebut, Senin (22/2/2021).

Apresiasi itu disampaikan Bupati Pamekasan, Badrut Tamam saat menghadiri acara yang dikemas dengan tema ‘Program Langit Biru’  tersebut.

Dalam sambutannya, H. Badrut Tamam menyampaikan terimakasih kepada pihak PT. Pertamina. Menurut dia, program tersebut turut mendukung program Pamekasan Hijau, sesuai dengan program yang dicanangkan Pemkab Pamekasan yakni menjaga lingkungan.

Ia menyebut, program penanaman pohon sangat diperlukan guna menjaga keseimbangan lingkungan pada masa yang akan datang. Terlebih, kata dia, dalam mengantisipasi peristiwa banjir yang akhir-akhir ini marak terjadi.

“Ketika pertamina datang ke saya untuk program penanaman pohon ini saya sangat bersyukur. Akhirnya saya memilih pondok pesantren, kantor kecamatan, polsek, koramil untuk semuanya ditanami pohon ini,” Katanya.

Bupati dengan segudang prestasi itu menjelaskan, upaya pelestarian lingkungan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja. Melainkan seluruh elemen masyarakat juga harus terlibat aktif dalam pelestarian lingkungan. Yakni untuk meminimalisir peristiwa bencana seperti longsor dan banjir yang bisa terjadi kapanpun.

“Memang komitmen menjaga lingkungan ini tidak hanya pemerintah, tidak bisa hanya pertamina, tidak bisa hanya forkopimda atau forkopimka. Tetapi yang memiliki masyarakat secara utuh itu adalah pesantren dan ormas, yang membina masyarakat langsung itu para alim, para ulama,” tandasnya.

Ia menilai, dalam pelestarian lingkungan perlu melibatkan para tokoh masyarakat. Karena melihat atmosfer kepercayaan masyarakat Pamekasan yang masih melekat terhadap para ulama, sehingga dengan begitu harapannya para ulama di Pamekasan dapat mengedukasi terkait pentingnya menjaga lingkungan.

“Harapan besar kami agar bantuan pohon ini ditambah, karena nanti akan disalurkan kepada pesantren-pesantren agar ditanam yang tak lain untuk menjaga lingkungan kita,” pungkasnya. (ADV)

Reporter: Badrut
Editor: Lindawati