BST Kemensos Diperpanjang Hingga 2021

0

Sumenep, teliksandi.net- Bantuan Sosial Tunai (BST) bagi masyarakat terdampak Covid-19 diperpanjang hingga Tahun 2021 oleh Menteri Keuangan melalui Kementrian Sosial Republik Indonesia.

Hal itu disampaikan Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani. Menurutnya, sejumlah program perlindungan sosial 2020 akan tetap dilanjutkan pada 2021 nanti dengan total anggaran mencapai Rp 110 triliun.

Meski dilanjutkan, kata Sri Mulyani, pemerintah mengurangi besaran dana bantuan yang diterima masyarakat.

“Prakerja, (BLT) Dana Desa, dan bansos tunai untuk 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) masih akan dipertahankan sampai enam bulan dengan nominal per bulannya turun menjadi Rp. 200 ribu,” ucap Sri Mulyani dalam konferensi pers nota keuangan dan RUU APBN 2021 virtual, dikutip dari laman Tirto.ID.

Sementara saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Sosial Sumenep, Moh. Ikhsan menyampaikan, pihaknya belum menerima surat resmi dari pihak Pemerintah Pusat mengenai perpanjangan waktu BST Kemensos ini.

“Untuk BST Kemensos Insyaallah sampai Desember 2020. Tapi ada selentingan kabar sampai Juni 2021, dan kami belum menerima surat resminya,” katanya, Selasa (3/11/2020).

Dijelaskan Ikhsan, Sapaan Karibnya, untuk mengetahui data penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos, bisa dilihat melalui Aplikasi Siks Dataku.

“Kita tunggu saja informasi resminya. Tetapi perlu saya sampaikan lagi, untuk data penerim BST tercatat di siks-ng,” jelas Ikhsan saat dikonfirmasi via Whatsaap.

Reporter : Taufiq
Editor : Naylia